Senin, 02 Juli 2012

Tips : Manfaat Buah Sirsak

Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak



Khasiat, Kandungan dan Manfaat Buah Sirsak – Taukah kamu bahwa selain enak rasanya Buah Sirsak ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan kita. Telah banyak penelitian bahwa kandungan Buah Sirsak yang memiliki nama latin Anona muricata Linn sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Kandungan gizi pada Buah Sirsak seperti : berbagai macam vitamin, asam askorbat, karbohidrat, fruktosa dan lainnya.
Kandungan Buah Sirsak
Banyak sekali kandungan dari buah sirsak ini. Dari masing-masing kandungan yang terdapat dari buah sirsak memiliki fungsi tersendiri jika dikonsumsi oleh tubuh kita. Buah sirsak sering sekali dikonsumsi sebagai minuman juz atau es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.
Beberapa Kandungan Buah Sirsak yang lainnya, yaitu :
  • Terdiri dari 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah, dan 4% inti buah.
  • Air dan karbohidrat merupakan zat gizi yang paling banyak dalam buah sirsak. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6% dari kandungan gula total.
  • Mengandung sedikit lemak (0,3 gr/100 gr).
  • Rasa asam berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.
  • Mengandung vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gr daging buah sirsak.
  • Mengandung mineral, yaitu fosfor dan kalsium. Masing-masing sebanyak 27 dan 14 mg/100 gr.
  • Mengandung serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 gr/100 gr daging buah sirsak.
Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak
Berikut beberapa Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan kita, yaitu :
1. Manfaat Buah Sirsak untuk Mengatasi penyakit kankerBerbagai kandungan nutrisi dan tekstur buah sirsak dapat mengobati penyakit kanker.
2. Manfaat Buah Sirsak untuk Mengatasi penyakit tumorMenurut penelitian medis yang telah banyak dilakukan, menyebutkan bahwa buah sirsak dapat mengobati penyakit tumor yang banyak menelan kematian.
3. Manfaat Buah Sirsak Sebagai obat cacinganSelain sebagai antibakteri dan jamur, buah sirsak juga dapat melawan berbagai jenis parasit di dalam tubuh kita seperti cacing.
4. Manfaat Buah Sirsak untuk mereka yang terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.
5. Manfaat Buah Sirsak untuk Memperbaiki sistem syaraf yang rusak
6. Manfaat Buah Sirsak untuk mencegah osteoporosisBuah sirsak kaya akan kandungan fosfornya sehingga sangat baik untuk mencegak pengeroposan tulang.
7. Manfaat Buah Sirsak untuk Meningkatkan daya tahan tubuhBuah sirsak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C-nya.
8. Manfaat Buah Sirsak untuk anda menderita bisul, gunakan buah sirsak yang muda untuk mengobatinya dengan cara menumbuk halus dan meletakkannya di atas bisul.
Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam Buah Sirsak, mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker Usus Besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo. Penemuan yang paling mencolok dari study Catholic University ini adalah Buah Sirsak bisa menyeleksi memillih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh/terganggu.
Meskipun penampilan tak sebagus buah apel merah, dan tak sehalus buah semangka, namun melihat dari banyaknya manfaat buah sirsak, tidak ada salahnya kita lebih banyak mengkonsumsi buah sirsak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar